Trip to Gunung Panderman - Gunung Bukan Tempat Sampah

Trip kali ini adalah menapaki dan melihat pemandangan Gunung Panderman. Gunung ini terkenal juga di negeri Belanda, karena nama Panderman diambil dari nama seorang Belanda Van Der Man, yang mengagumi keindahan gunung tersebut pada masanya.

Gunung Panderman memiliki tinggi 2000 meter dari permukaan laut. Bagi mereka yang suka akan tantangan dan kegiatan di luar ruangan, dibutuhkan waktu 3 jam untuk mendaki puncak gunung tersebut, dan bisa diakses melaui kota Batu.

Pos pemberhentian pertama saat akan menuju ke Gunung Panderman adalah kawasan Latar Ombo, yaitu sebuah kawasan untuk bumi perkemahan, tapi sayang banyak terdapat sampah berserakan di tebing-tebing sekitar pos watu ombo ini. Pos pemberhentian kedua setelah Latar Ombo adalah kawasan Watu Gede. Dinamakan Watu Gede karena terdapat sebuah Batu Besar di kawasan ini, dan pengunjung bisa menikmati suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah kota Malang dan Batu di pos ini pemandangan yang kurang menarik adalah banyaknya coretan-coretan di batu dari para pendaki yg usil.

Berikut para supporting dan motivator #sayawisatawanpeduli











Sekilas terdapat banyak sampah yang hanya dibuang begitu saja di tebing pos pertama.




Mari kawan kita mulai peduli dari sekarang untuk hal-hal kecil yang bisa kita lakukan, gunung bukanlah tempat sampah, kita boleh menikmatinya tp jangan mengotorinya, hal paling sederhana yg bisa kita lakukan adalah bisa membawa sampahnya turun kembali dan di buang di tempat yang telah disediakan.

Kami tunggu aksi kamu selanjutnya.. #sayawisatawanpeduli

1 komentar: